Pengertian internet marketing secara singkat menurut “Kotler dan Armstrong, 2008:237” yakni salah satu bentuk upaya dari suatu perusahaan guna memasarkan produk serta jasanya untuk membangun hubungan dengan pelanggan lewat media internet.
Untuk lebih jelasnya, simak baik – baik ulasan di bawah ini.
Daftar Isi
Pengertian Internet Marketing
a. Secara Umum
Selain pengertian di atas, ada juga pengertian lain yang menyebutkan jika internet marketing merupakan bagian dari E-Marketing (electronic marketing) serta E-Business (electronic business).
Tak hanya mengarahkan terhadap penggunaan media digital, internet marketing juga berhubungan dengan cara menjalankan manajemen data konsumen sekaligus untuk menjaga relasi yang baik terhadap konsumen.
b. Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah beberapa pengertian internet marketing menurut para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut:
1. Traver dan Laudon (2008)
Menurut keduanya, internet marketing merupakan pemasaran yang dilakukan di web untuk membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan pelanggan.
Sehingga hasil yang diharapkan bisa menciptakan kompetisi unggul dan memungkinkan perusahaan membuat harga yang lebih tinggi terhadap layanan atau produk tersebut.
2. Coupey (2001)
“Pengertian internet marketing BISA menjadi media komunikasi diantara penjual, konsumen, serta dengan beragam organisasi lain.”
3. Chaffey (2000)
“Pengertian internet merupakan suatu aplikasi dari internet dan teknologi digital yang berfungsi untuk mencapai tujuan pemasaran.”
“Pengertian internet marketing menggunakan teknologi pendukung yang berupa satelit, kabel – kabel, media internet, perangkat keras, dan perangkat lunak”.
4. Mulia (2009)
“Pengertian internet marketing adalah suatu media yang dijadikan sebagai tempat pemasaran produk ataupun layanan jasa lewat internet.”
5. El-Gohary (2010)
“Internet marketing merupakan filosofi baru dari praktek bisnis modern. Hal – hal yang berkaitan satu sama lain seperti informasi, pemasaran jasa dan barang, serta ide lewat jaringan internet, sehingga kebutuhan serta tujuan dari kedua belah pihak bisa diraih.”
6. Chen-Ling, & Lie (2006) (Journal of American Academy of Business)
“E-marketing ialah suatu proses memasarkan layanan dan produk terhadap konsumen dengan menggunakan media website serta dapat melakukan akses terkait produk yang dijual kapan saja dan dimana saja selama memiliki koneksi internet.”
7. Mohammed (2003)
“Pengertian internet marketing yaitu sebuah proses membangun kemudian memelihara hubungan dengan pelanggan secara online sebagai wadah untuk bertukar ide, jasa, atau produk.”
8. Keller dan Kotler (2009)
“Internet marketing merupakan suatu wujud dari upaya perusahaan untuk menginformasikan, mempromosikan, mengkomunikasikan, serta menjual jasa/ produk dengan memakai media internet.”
Komponen Internet Marketing
Menurut Mohammed, Jaworski, Fisher, serta Paddison (2003,p4), ada lima komponen pada internet marketing, diantaranya ialah sebagai berikut:
1. Membangun & menjaga hubungan dengan pelanggan
Tiga tahap untuk membangun hubungan dengan pelanggan yaitu: Awareness, exploration, serta commitment.
Program pemasaran bisa disebut sukses jika mampu mengarahkan pelanggan hingga pada tahap komitmen di suatu perusahaan.
Tujuan dari pemasaran lewat internet ini juga untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, baik secara online ataupun offline.
2. Proses
Tujuh tahap dalam proses program pemasaran lewat internet diantaranya ialah sebagai berikut:
- Menciptakan peluang pasar.
- Menyusun strategi pemasaran.
- Menyusun pengalaman pelanggan.
- Menciptakan hubungan antarmuka terhadap pelanggan.
- Menyusun program pemasaran.
- Meningkatkan informasi pelanggan lewat teknologi.
- Mengevaluasi hasil program pemasaran secara menyeluruh.
3. Pertukaran
Adanya program pemasaran online ini menghasilkan pertukaran yang tak hanya berlangsung di dunia maya saja, tetapi juga harus terjadi pertukaran di dalam dunia nyata.
4. Online
Sesuai dengan pengertiannya, internet marketing merupakan pemasaran yang dilakukan di dalam dunia Internet, tetapi tetap memiliki kaitan dengan program pemasaran secara tradisional.
5. Pemenuhan kepuasan kebutuhan dengan kedua belah pihak
Dengan berlangsungnya internet marketing, pemenuhan kepuasan terhadap kedua belah pihak akan lebih cepat terpenuhi. Yakni dari segi perusahaan yang memakai internet marketing dapat mencapai tujuan perusahaan seperti: Meningkatnya laba perusahaan, pangsa pasar semakin meluas, dan yang lainnya.
Dari segi pelanggan yaitu terpenuhinya kebutuhan seperti memperoleh informasi yang diperlukan dengan lebih cepat.
Elemen pada E-marketing
Di dalam dunia internet marketing, terdapat banyak elemen supaya semua proses bisnis dapat berjalan lebih efektif dan juga sukses. Beberapa elemen tersebut yaitu:
- Website
- Artikel-artikel SEO
- E-commerce
- Sales
- Email marketing
- Social Media Marketing
- Search Engine Marketing (SEM)
- Systemize Follow-up
Semakin banyak elemen yang digunakan, maka semakin besar juga peluang berhasilnya pemasaran yang dilakukan.
Tetapi bukan berarti kalian harus memakai seluruh elemen di atas pada satu waktu. Penggunaan elemen marketing hendaknya disesuaikan dengan target dan juga situasi pasar.
Ciri – Ciri Internet Marketing
Konsep pemasaran secara digital atau internet marketing mempunyai ciri – ciri seperti di bawah ini:
- Ruang lingkup promosi yang lebih luas, ditujukan untuk siapa saja serta dimana saja.
- Tipe promosi yang lebih fleksibel serta menyebar. Contoh: Artikel, status media sosial, update blog, twit, atau yang lainnya.
- Komunikasi banyak arah —baik terhadap penjual atau pembeli yang sama – sama aktif dalam mendiskusikan produk.
- Komunikasi kepada konsumen yang lebih responsif dan juga terbuka (nampak dari makin banyaknya e-commerce yang memberikan layanan 24 jam).
Internet marketing dapat dijadikan sebagai solusi terbaik guna mengenalkan produk ke masyarakat luas sekaligus untuk meningkatkan volume penjualan.
Jenis – Jenis Internet Marketing
Internet marketing bisa dijalankan memakai beberapa jenis-jenisnya yang diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Viral Marketing
Memiliki metode pemasaran yang prinsipnya sama seperti word of mouth pada bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang terhadap orang yang dikenal dan berkelanjutan.
2. Search Engine Marketing (SEM)
Jenis cara ini berusaha untuk mempromosikan website dengan tujuan meningkatkan visibilitas pada halaman hasil mesin pencarian atau SERPs seperti Bing, Google, Yahoo dan yang lainnya.
3. Iklan (Advertising)
Iklan akan ditampilkan pada sebuah situs pihak ketiga maupun blog agar melintas pada situs web perusahaan.
4. Referral Marketing
Cara satu ini merupakan cara mempromosikan jasa atau produk terhadap konsumen baru lewat referensi. Metode satu ini biasa berlangsung dari mulut ke mulut.
5. Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan proses untuk menaikan visibilitas pada situs web atau halaman web terhadap mesin pencari.
6. Email Marketing
Pemasaran dengan menggunakan cara ini dijalankan dengan memakai email serta melibatkan langsung pemasaran pesan dengan cara mengirimkan pesan lewat surat elektronik.
7. Social Media Marketing
Pemasaran jenis satu ini dijalankan dengan memakai sosial media dan memanfaatkan lalu lintasnya seperti menggunakan Facebook ataupun twitter atau medsos lainnya.
8. Blog Marketing
Situs blog perusahaan yang dipakai sebagai bentuk usaha promosi.
9. Inbound Marketing
Pemasaran inbound satu ini yakni dengan menggunakan pelanggan agar membuat sekaligus berbagi.
Internet Marketing untuk Promosi Online/ Traffic Generation
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, antara lain:
1. Social Media Marketing
Meski promosi online pada sosmed dapat dilakukan secara gratis, namun cara ini cukup sulit. Sebab melibatkan banyak faktor seperti pengguna sosmed dan sosmed itu sendiri.
Situs medsos seperti twitter, ig, fb, dan youtube memiliki pengguna yang sangat banyak, sehingga dinilai efektif untuk memasarkan produk disitu.
Terlebih lagi, medsos sekarang sudah mempunyai fitur periklanan yang banyak dipakai oleh internet marketer untuk memancing trafik dan penjualan.
Beberapa fitur medsos iklan tersebut diantaranya yang populer sekarang ini yaitu:
- Facebook Ads
- Instagram Ads
- Twitter Ads
- YouTube Ads
2. SEO (Search Engine Optimization)
Meskipun SEO ini gratis, tetapi dalam SEO memerlukan keahlian khusus dan juga membutuhkan proses dengan waktu yang cukup lama. Dan bahkan SEO juga memerlukan biaya gua melakukan optimasi.
Itulah mengapa banyak pebisnis besar yang menggunakan jasa SEO agar situsnya dapat masuk pada halaman utama dari hasil pencarian search engine.
3. Email Marketing
Email marketing memiliki beberapa jenis seperti: Direct email, retention email, serta beriklan di email orang lain.
Marketing lewat email sangatlah efektif sebab promosi atau sales letter dapat langsung dikirimkan terhadap pemilik akun email itu sendiri.
Catatan: Kalian tidak boleh melakukan SPAM yang akan mengganggu sekaligus berpotensi merugikan usaha kalian sendiri. Karena si pemilik email dapat melakukan unscribe maupun memasukkan email kita di dalam daftar SPAMMER.
4. SEM (Search Engine Marketing)
Iklan PPC (pay per click) biasanya tayang pada halaman hasil pencarian situs mesin pencari.
Iklan ini dapat muncul di bagian atas, samping kanan, atau bawah dari hasil pencarian suatu kata kunci.
Banyak pakar internet marketing yang menyebutkan jika Google Ads merupakan metode pemasaran yang memiliki tingkat konversi yang paling tinggi, sebab halaman website kalian memiliki peluang yang besar untuk memperoleh calon konsumen dari mesin pencari.
Dalam hal satu ini, kalian sebagai pengiklan harus rela untuk mengeluarkan uang supaya iklan dapat tampil di mesin pencari.
Dan tentu saja kalian dapat mengatur harga iklan sesuai dengan budget yang tersedia.
5. Mobile Advertising
Mobile advertising merupakan layanan pengiklanan lewat aplikasi mobile.
Dengan pengguna smartphone sekarang ini yang sangat banyak membuat mobile advertising sangatlah efektif untuk dijadikan sebagai media promosi bisnis.
Beberapa model mobile ads seperti SMS, Games, Banner Ads, dan yang lainnya.
Tips: Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin mempelajari ilmu internet marketing untuk meningkatkan penjualan, karena sudah banyak pembicara internet marketing di Indonesia.
Internet Marketing untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempromosikan bisnis untuk sumber penghasilan, antara lain:
1. PPC (Pay Per Click)
Program PPC (Pay Per Click) ini banyak dilakukan oleh para pemilik blog/ website untuk memperoleh penghasilan dari usaha online mereka (artikel Blog, Forum Online, channel YouTube, Portal Berita, dan yang lainnya).
Penghasilan diperoleh dari kunjungan serta klik oleh pengunjung terhadap suatu iklan yang terdapat di sebuah situs.
Publisher maupun pemilik situs ini kemudian akan dibayar per klik dimana harga per kliknya telah ditentukan oleh advertiser/ pengiklan.
Berikut adalah beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC yaitu:
- Google Adsense
- Chitika
- Bidvertiser
- AdsenseCamp
- Infolinks
- Dan yang lainnya.
Program PPC adalah salah satu model bisnis online yang amat menjanjikan.
2. Pelelangan (Online Auction)
Lelang ini sangat menguntungkan sebab kalian dapat menjual barang pada orang yang menawar dengan harga yang tertinggi.
Berikut adalah beberapa perusahaan yang menawarkan program pelelangan online yaitu:
- Flippa.com
- eBay.com
- Dan yang lainnya.
3. PPS (Pay Per Sale)
Sesuai dengan namanya, kalian akan dibayar setiap kali ada aktivitas pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kalian.
Besarnya hasil ini tergantung terhadap banyaknya barang yang terjual serta rate persentase komisi dari si pemilik barang tersebut.
Berikut adalah beberapa perusahaan yang menawarkan program PPS yaitu:
- Amazon.com
- Clickbank.com
- Dan lain-lain
4. Menjual Produk Sendiri/ Produk Orang Lain
Selain kalian dapat menjual produk original sendiri, kalian juga dapat memperoleh penghasilan dengan cara menjual produk dari orang lain. Baik itu dalam wujud fisik maupun produk digital.
Cara satu ini biasa disebut sebagai reseller atau dropshipper.
Untuk produk digital, kalian dapat menjadi affiliate marketer pada sebuah produk yang dijual oleh orang lain.
5. PPL (Pay Per Lead)
PPL merupakan program affiliasi yang mana si penjual/ vendor akan memberikan komisi setiap kali kalian sukses mengirimkan leads terhadap penjual/ vendor.
Sebagai contoh kalian mengarahkan user internet untuk mendaftar di email newsletter, free trial, maupun mengisi formulir lewat link affiliasi milik kalian.
Salah satu perusahaan yang memberikan tawaran program PPL yaitu MaxBounty.com.
Manfaat/ Kelebihan Internet Marketing
Teknologi internet yang mengalami perkembangan dengan cepat karena bisa menjangkau secara luas dengan waktu yang tidak ada batasannya. Menurut Strauss dan Frost (2012) pemasaran yang memanfaatkan teknologi internet atau internet marketing mempunya tujuan dan manfaat antara lain:
- Bisa melacak serta mengukur data respon konsumen terhadap kegiatan marketing yang dikerjakan oleh perusahaan.
- Dapat menjalin hubungan langsung dengan para konsumen (live chat, messenger, maupun email)
- Minim resiko dari segala hal yang dapat terjadi di dunia real seperti kebakaran toko/ kemalingan.
- Saingan (kategori bisnis di Indonesia masih minim pesaing lewat pemasaran internet).
- Memudahkan dalam proses membeli barang dibandingkan dengan sistem offline.
- Waktu promosi yang tak terbatas atau layanan 24 jam nonstop.
- Bisa menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar yang baru.
- Menjangkau calon konsumen dengan biaya yang murah
- Personalisasi pemasaran pada setiap calon pelanggan.
- Memberikan promosi yang menarik.
- Jangkauan pasar yang luas (dunia).
- One-on-One marketing
Kekurangan Internet Marketing
Meskipun memiliki banyak keunggulan, internet marketing ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti di bawah ini:
1. Skemanya lebih rumit
Ketika ada pembelian, maka langkah yang harus kalian kerjakan yaitu dengan cara mengirimkan serta memastikan barang sampai pada customer dengan tepat.
Hal itu kalian kita bandingkan dengan bisnis offline, dimana kalian tak perlu melakukan pengiriman barang.
2. Memerlukan keahlian khusus
Keahlian dalam membuat banner iklan juga dibutuhkan untuk kalian yang memanfaatkan iklan sebagai media promosi.
Membuat banner yang bagus mampu menarik pelanggan sehingga perlu keahlian khusus.
3. Membutuhkan waktu lama
Meski modal awal yang diperlukan cukup kecil, namun waktu yang kalian butuhkan cukup lama.
Banyak internet marketer yang dapat menjual produknya dalam jangka waktu 2 bulan selepas melakukan promosi pertama kali.
Salah satu penyebabnya yaitu target promosi yang salah, sehingga kalian perlu mengetahui target pemasaran kalian.
4. Lebih sulit untuk mencari pembeli
Ketika melakukan pemasaran offline, mungkin dalam waktu sehari kalian dapat memperoleh banyak pembeli.
Tapi tidak pada internet marketing, kepercayaan menjadi hal yang paling utama agar dapat mempengaruhi seseorang supaya mau membeli produk kalian.
5. Mudah ditiru
Karena iklan yang ada di dunia internet memiliki hak milik yang belum pasti, maka hal itulah yang menjadi alasan mengapa iklan di media digital marketing sangat mudah sekali untuk ditiru.
6. Reputasi mudah turun
Pada umumnya dalam dunia digital marketing tersedia kolom untuk konsumen supaya dapat memberikan ulasan terhadap perusahaan yang dituju.
Apabila ulasannya bagus, maka traffic pengunjung juga akan semakin meningkat. Begitu juga sebaliknya.
7. Rentan adanya penipuan
Banyak sekali situs web yang tidak sah yang mana mereka tak segan untuk merampok uang dari para pelanggannya.
Spamming ini juga turut menjadi salah satu tantangan terbesar untuk pemasaran online serta data rahasia pun menjadi mudah untuk dicuri oleh para hacker nakal.
Contoh Internet Marketing
Ada beberapa contoh internet marketing yang bisa Anda jumpai.
1. Pemasaran Lewat Situs Web
Web menjadi andalan para pebisnis untuk membantu dalam memajukan bisnisnya dalam ajang promosi.
Kegiatan pemasaran lewat situs web ini termasuk ke dalam kategori internet marketing. Tetapi dalam hal ini kalain membutuhkan optimasi SEO agar dapat memperoleh banyak pengunjung.
2. Pemasaran Lewat Marketplace
Pilihan marketplace sendiri sangatlah banyak, bahkan media sosial sekarang seperti facebook juga telah memberikan fasilitas pemasaran dalam kategori marketplace.
3. Pemasaran di Media Sosial
Pada saat kalian mempunyai produk serta memasarkannya di dalam medsos, maka hal itu sudah masuk dalam kategori internet marketing.
Sementara dalam menambah kredibilitas bisnis, alangkah baiknya apabila selain hanya lewat medsos, kalian juga mempunyai web sendiri.
Cara Menjadi Internet Marketer
Setiap orang dapat menjadi internet marketer, asalkan kalian mempunyai kemampuan yang baik dalam berkomunikasi.
Sebab nantinya kalian dituntut agar dapat membuat konsumen tertarik pada produk yang kalian tawarkan.
Berikut ini adalah beberapa point dasar untuk menjadi internet marketer, antara lain yaitu:
1. Buat Target yang Tinggi
Jangan kalian mudah merasa puas dengan pencapaian yang sudah diperoleh dari dunia internet marketing.
Apabila target serasa sudah tidak menantang lagi, maka sebaiknya kalian membuat target baru dengan level lebih tinggi dengan tujuan untuk mengembangkan diri.
Kesuksesan akan lebih cepat datang untuk para internet marketer yang mempunyai visi jangka panjang, dinamis serta ambisius.
2. Memahami Produk yang Dipromosikan
Kenali kelebihan dan kualitas menonjol dari produk/ jasa yang kalian tawarkan.
Dengan begitu, maka promosi akan jauh terlihat lebih meyakinkan dan juga profesional sehingga mampu menarik banyak konsumen.
Dan jangan lupa untuk meyakinkan seseorang dengan cara halus dan tidak memaksa agar mereka mau memberikan review positive.
3. Hargai Setiap Orang yang Pernah Bekerjasama
Apabila perlu, kalian dapat menampilkan seluruh testimoni pelanggan yang merasa puas pernah bekerjasama dengan kalian/ perusahaan.
TIdak hanya pelanggan yang akan merasa dihargai, orang lain yang berniat melakukan kerjasama di masa depan juga akan lebih yakin ketika akan membuat keputusan.
4. Membangun Relasi yang Baik
Tidak hanya di dalam dunia nyata, dalam dunia maya seorang internet marketer yang sukses perlu untuk membangun relasi bisnis yang baik bersama banyak orang.
Media sosial seperti ig, fb, twitter, google plus, dan LinkedIn bisa kalian manfaatkan untuk membangun relasi tersebut.
Kalian dapat memanfaatkan media tersebut sebagai platform untuk menceritakan bisnis yang tengah kalian jalankan.
Dengan demikian, lingkaran pertemanan yang terdapat di seluruh media akan membangun citra diri atau perusahaan yang baik, sehingga orang juga lebih mempercayai bisnis kalian dan relasi akan terbangun dengan sendirinya.