Pengertian Manajemen

Seseorang dapat melakukan suatu tugas maupun tanggung jawab secara disiplin itu karena adanya manajemen. Sebenarnya apa sih pengertian manajemen?

Karena tanpa adanya manajemen tersebut, seseorang akan merasa kesulitan untuk mengerjakan tugas – tugas dan tanggung jawabnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen anda dapat menyimak artikel berikut ini.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian Manajemen Secara Umum

Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu maupun kelompok.

Manajemen ini sendiri perlu dilakukan, agar dapat mencapai tujuan atau target dari individu maupun kelompok tersebut secara kooperatif dengan sumber daya yang ada.

Sebuah organisasi atau perusahaan akan berjalan dengan baik jika manajemen di dalamnya juga teratur dan kondusif.

Jadi manajemen adalah salah satu unsur yang sangat penting, baik untuk individu maupun kelompok.

Manajemen juga dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengatur sesuatu agar tujuan yang akan ia capai dapat tercapai.

Jadi pengertian manajemen secara singkatnya adalah mengatur.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian manajemen, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. George Robert Terry

Manajemen adalah proses khas dari beberapa tindakan. Contohnya perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.

Seluruh contoh tindakan tersebut bertujuan untuk mencapai target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada.

2. Hilman

Manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu target melalui perantara, serta melakukan pengawasan. Dengan demikian, tujuan dapat tercapai bersama.

3. Lawrence A. Appley

Manajemen adalah keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu.

Tidak harus seseorang, keahlian manajemen tersebut juga dapat dimiliki oleh kelompok maupun organisasi.

4. Mary Parker Follet

Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan tugas melalui sebuah perantara.

Dalam hal ini, manajemen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh atasan yang mengarahkan bawahannya untuk menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya sebuah tujuan.

5. Ricky W. Griffin

Manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien.

Yang dimaksud efektif di sini adalah tujuan tercapai sesuai rencana dan yang dimaksud efisien berarti adalah manajemen dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen

Manajemen memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Fungsi Perencanaan

Perencanaan adalah hal pertama yang wajib dilakukan oleh seorang pemimpin atau pembuat usaha.

Dengan adanya perencanaan, maka pemimpin dapat mengevaluasi segala tindakan, baik yang sudah dilakukan ataupun yang belum dilakukan.

Tanpa adanya perencanaan yang matang, tujuan dari kegiatan manajemen tidak akan tercapai.

2. Fungsi Pengorganisasian

Fungsi ini memiliki tujuan untuk mempermudah proses pengawasan yang dilakukan oleh seorang pemimpin.

3. Fungsi Penempatan

Di sini seorang pemimpin memiliki tugas menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Dengan demikian, proses pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

4. Fungsi Pengarahan

Pengarahan ini sebagai upaya agar perencanaan yang telah dibuat dapat berjalan dengan lancar.

Jadi pengarahan ini perlu dilakukan agar segala sesuatu yang dilakukan dapat berjalan sesuai arahan dan rencana.

5. Fungsi Pengawasan

Tujuan dari pengawasan ini adalah agar kegiatan manajemen dapat berlangsung sesuai dengan yang direncanakan.

Jika tidak berjalan dengan baik, maka kegiatan manajemen dapat langsung dievaluasi.

Tujuan Manajeman

Tujuan Manajemen

Segala sesuatu pasti memiliki tujuan, begitupun dengan manajemen. Terdapat beberapa tujuan manajemen, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien.
  2. Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta membuat berbagai penyesuaian dan koreksi jika ada penyimpangan dalam implementasi strategi.
  3. Selalu meninjau kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman peluang yang ada.
  4. Selalu berinovasi pada aktivitas sehingga kita hidup lebih teratur.
  5. Selalu memperbarui strategi yang kami rumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.

Unsur Manajemen

Unsur Manajemen

Secara umum, terdapat 6 unsur dalam manajemen yang harus diposisikan setara, yaitu 6M.

Apa itu 6M ? 6M adalah Man, Money, Material, Mesin, Metode, Market.

1. Man

Man adalah manusia. Di dalam kegiatan manajemen harus ada sumber daya manusianya.

Manusia yang akan membuat rencana dan tujuan yang ingin di raih. Jadi tanpa adanya manusia kegiatan manajemen tidak akan pernah ada.

2. Money

Money adalah uang. Uang juga menjadi salah satu unsur yang penting dalam kegiatan manajemen.

Karena uang menjadi perantara utama dalam mencapai tujuan. Biaya operasional dalam kegiatan manajemen pasti menggunakan uang.

3. Material

Unsur manajemen ini juga menjadi salah satu faktor penting karena kualitas bisnis dipengaruhi oleh kualitas material yang dipilih.

Jadi, jika material yang dipilih buruk, tujuan manajemen akan sulit untuk dicapai.

4. Machine

Mesin juga jangan lupa anda gunakan. Karena dengan adanya mesin pekerjaan manusia jadi lebih mudah.

Dengan demikian tujuan dapat tercapai dengan cepat.

5. Method

Metode bisa diartikan sebagai cara yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaan atau kegiatan manajemen.

Sebuah metode yang baik selalu mempertimbangkan berbagai hal.

6. Market

Unsur yang terakhir ini terbilang cukup krusial karena sebuah bisnis hanya dapat berkembang jika telah dikenal di pasaran.

Unsur pasar itu sendiri dipengaruhi oleh unsur material karena barang atau jasa yang laku harus memiliki kualitas baik.

Jenis Keilmuan Manajemen

Jenis Keilmuan Manajemen

Jenis keilmuan manajemen sangatlah beraneka ragam, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia merupakan manajemen yang digunakan untuk mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki.

Selain itu manajemen ini juga dapat menangani berbagai masalah pada ruang lingkup manajer, karyawan, pegawai, buruh, dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi maupun perusahaan.

2. Manajemen Stres

Manajemen stres adalah kemampuan penggunaan sumber daya manusia secara efektif untuk mengatasi gangguan mental dan emosional.

3. Manajemen Stratergi

Manajemen strategi adalah kemampuan seseorang untuk menyusun, menerapkan, dan mengevaluasi keputusan.

Manajemen ini juga merupakan tindakan yang dapat digunakan untuk menformulasikan serta mengimplementasikan sebuah strategi.

4. Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah kemampuan untuk  perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas terhadap waktu.

5. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah kemampuan untuk mengatur kegiatan perencanaan, penganggaran, pengelolaan, pengendalian, pencarian, penyimpanan, dan pemeriksaan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi ataupun perusahaan.

6. Manajemen Proses

Manajemen proses adalah kemampuan untuk pembuatan atau pengahapusan proses yang di buat oleh user atau sistem, suspensi, dan asumsi.

Selain itu manajemen ini juga untuk pembuatan dan penghapusan kelengkapan mekanisme untuk pengendalian deadlock dan kelengkapan mekanisme untuk sinkronasi proses.

7. Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah kemampuan untuk mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.

8. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah kemampuan untuk pengembangan produk, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan untuk memenuhi, komunikasi dan promosi, serta memuaskan kebutuhan konsumen.

9. Manajemen Resiko

Manajemen resiko adalah kemampuan untuk menemukan kerugian potensial dan mengevaluasi kerugian potensial serta memilih metode pengelolaan yang baik dan benar.

10. Manajemen Pengetahuan

Manajemen pengetahuan adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian, pengetahuan, dan pengalaman.

11. Manajemen Administrasi Perkantoran

Manajemen administrasi perkantoran adalah kemampuan untuk memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan agar kegiatan manajemen terlaksana dengan efektif.

Selain itu, manajemen ini juga dapat memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya yang mencakup ruang lingkup dari perusahaan.

12. Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan merupakan bagian dari proses pemanfaatan semua sumber daya yang ada melalui orang lain dan bekerja sama dengannya.

Proses ini dilaksanakan untuk dapat mencapai satu tujuan bersama dengan produktif, efektif, dan efisien.

Peran Penting Manajemen Bagi Organisasi atau Perusahaan

Peran Penting Manajemen Bagi Organisasi atau Perusahaan

Manajemen berperan penting bagi sebuah organisasi maupun perusahaan.

Peran penting manajemen bagi organisasi maupun perusahaan adalah sebagai berikut ini :

  1. Memberikan panduan dan arahan.
  2. Membantu perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja.
  3. Memotivasi dan menginspirasi karyawan.
  4. Membantu menetapkan tujuan secara mudah dan jelas.
  5. Mengembangkan tujuan yang sejalan atau selaras dan bermakna.

Sifat Kepemimpinan dalam Manajemen

Sifat Kepemimpinan dalam Manajemen

Setiap orang pasti memiliki sifat, baik sifat yang baik maupun sifat yang buruk. Seorang pemimpin haruslah memiliki sifat yang baik.

Berikut adalah beberapa sifat – sifat yang harus dimiliki pemimpin dalam sebuah kegiatan manajemen :

  1. Jujur, pemimpin yang baik harus memiliki sifat kejujuran yang tinggi, baik kepada diri sendiri maupun kepada bawahannya.
  2. Percaya diri, agar mampu menghadapi masalah dengan penuh percaya diri.
  3. Inisiatif, agar dapat memunculkan inovasi – inovasi baru yang membuat manajemen dapat berkembang ke yang lebih baik lagi.
  4. Cerdas, mencakup daya pikir kreatif dan kebijakan.
  5. Tegas dalam mengambil keputusan.
  6. Tanggung jawab, agar semuanya berjalan dengan lancar.
  7. Kuat, agar mempunyai daya tahan yang lebih untuk menghadapi berbagai rintangan atau masalah.
  8. Pengawas, agar dapat mengawasi jalannya manajemen dengan baik.
  9. Obyektif, untuk mencari bukti – bukti yang nyata dan sebab musabab dari suatu kejadian dan memberikan alasan yang rasional atas penolakannya.
  10. Ikhlas memberikan pelayanan dan pengabdian untuk kepentingan umum.
  11. Emosi yang stabil, agar dapat menunjang pencapaian lingkungan sosial yang rukun, damai, harmonis, dan sejahtera.
  12. Keterampilan berkomunikasi dengan orang lain agar terciptanya kerukunan dan keseimbangan.
  13. Mengajar, menjadi teladan yang baik bagi para bawahannya.
  14. Ramah, terbuka, dan mau mendengarkan pendapat orang lain.
  15. Keinginan untuk sukses.

Kesimpulan

Kesimpulan Manajemen

Dari penjelasan di atas tentang manajemen anda pasti tahu bahwa manajemen sangat dibutuhkan untuk menjalankan bisnis maupun bagi organisasi dan perusahaan.

Meskipun ada banyak definisi tentang manajemen, pada umumnya manajemen mempunyai arti yaitu mengatur.

Sebuah bisnis maupun perusahaan akan maju jika mempunyai manajemen yang baik.

Fungsi manajemen ini harus bisa menjadi pondasi anda dalam berbisnis. Bahkan, anda dapat menerapkannya dalam strategi bisnis anda agar cepat maju dan sukses.

Jadi sebelum anda berbisnis, rencanakan terlebih dahulu dengan manajemen yang matang agar tujuan cepat tercapai.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian, fungsi, tujuan, unsur, jenis, peran penting, dan sifat kepemimpinan dalam manajemen.

Semoga anda termasuk orang yang dapat mengatur bisnis dengan baik.

Tanya Jawab

Apa itu manajemen ?

Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu maupun kelompok.

Sebutkan 5 fungsi manajemen !

Fungsi Perencanaan
Fungsi Pengorganisasian
Fungsi Penempatan
Fungsi Pengarahan
Fungsi Pengawasan

Apa saja unsur – unsur manajemen ?

Man (manusia)
Money (uang)
Material (bahan)
Mechine (mesin)
Method (metode)
Market (pasar)

Mengapa manajemen berperan penting dalam organisasi ataupun perusahaan ?

Karena manajemen berperan untuk memberikan panduan dan arahan, membantu perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja, memotivasi dan menginspirasi karyawan, membantu menetapkan tujuan secara mudah dan jelas, dan mengembangkan tujuan yang sejalan atau selaras dan bermakna.

Apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia ?

Manajemen sumber daya manusia merupakan manajemen yang digunakan untuk mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki, menangani berbagai masalah pada ruang lingkup manajer, karyawan, pegawai, buruh, dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi maupun perusahaan.

Photo of author

Ahmad

Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama

Satu pemikiran pada “Pengertian Manajemen”

Tinggalkan komentar