Tembang Macapat adalah salah satu jenis syair dalam kesusastraan Jawa yang memiliki struktur dan ciri tertentu. Karya sastra ini masih dilestarikan hingga sekarang. Bahkan tembang yang satu ini sering digunakan dalam acara-acara penting seperti pertunjukan-pertunjukan budaya Jawa.
Tembang ini dahulu digunakan oleh wali songo sebagai media dakwah dalam menyebarkan Agama Islam di tanah Jawa. Namun kini, seiring berjalannya waktu penggunaannya jadi lebih luas. Dengan nilai budayanya yang tinggi, tembang Jawa ini memang seharusnya dipelajari agar tidak mudah dilupakan.
Daftar Isi
Pengertian Tembang Macapat
Tembang macapat adalah tembang, syair, atau puisi tradisional Jawa. Selain menjadi warisan kebudayaan Jawa, tembang seperti ini juga bisa ditemukan di kebudayaan daerah lain seperti Sunda, Bali, dan Madura dengan nama yang berbeda.
Bahkan, budaya Palembang dan Banjarmasin juga memiliki jenis tembang serupa. Tembang ini diperkirakan muncul pertama kali pada akhir masa kerajaan Majapahit dan awal mula tersebarnya pengaruh wali songo. Karya-karya sastra di zaman itu memang banyak ditulis dengan metrum macapat.
Tembang Jawa dibagi ke dalam tiga macam, yakni tembang cilik, tembang tengahan, dan tembang gedhe. Macapat sendiri termasuk ke dalam tembang cilik dan tengahan sementara tembang gedhe lebih merujuk pada puisi tradisional Jawa kuno atau kakawin.
Macapat memiliki aturan penulisan yang lumayan berbeda dengan kakawin. Selain penggunaannya lebih mudah, macapat hanya perlu memperhatikan jumlah suku katanya saja tanpa harus terikat dengan panjang dan pendek pada suku katanya.
Baca: Translate Bahasa Jawa ke Indonesia
Struktur Tembang Macapat
Karya sastra yang berupa macapat biasanya terdiri dari beberapa pupuh yang masing-masing dibagi lagi ke dalam pada atau bait. Pupuh adalah bentuk puisi tradisional Jawa yang memiliki jumlah suku kata dan rima tertentu di setiap barisnya. Setiap pupuh memakai metrum yang sama.
Penggunaan metrum umumnya berdasarkan watak isi teks yang diceritakan dalam tembang. Struktur bait pada tembang macapat terdiri dari guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan. Guru gatra adalah banyaknya jumlah baris kalimat atau larik dalam setiap bait tembang.
Guru wilangan merupakan banyaknya jumlah suku kata yang ada pada setiap baris kalimat atau larik. Sementara itu, guru lagu mengacu pada bunyi vokal di sajak akhir pada setiap baris kalimat atau larik. Antara satu tembang dengan tembang memiliki guru wilangan, guru lagu, dan guru gatra yang berbeda.
Sejarah Tembang Macapat
Kemunculan tembang macapat diperkirakan terjadi pada masa akhir kekuasaan kerajaan Majapahit dan awal mula tersebarnya Agama Islam di Jawa oleh wali songo. Ternyata Bali lebih dulu mengenal karya sastra ini dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan sejak Islam belum datang ke Bali.
Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya karya sastra berjudul Kidung Ranggalawe yang ditulis sejak tahun 1334 M. Usia tembang ini pun masih diperdebatkan hingga sekarang, apalagi jika dihubungkan dengan serat kakawin.
Prijohoetmo berpendapat bahwa macapat adalah turunan kakawin dengan tembang gedhe sebagai perantaranya. Namun, pendapat tersebut disanggah oleh Poebatjaraka dan Zoetmulder yang mengatakan bahwa macapat adalah metrum asli Jawa sehingga usianya jauh lebih tua dibandingkan dengan kakawin.
Kedua pakar tersebut juga meyakini kalau tembang Jawa yang satu ini baru muncul setelah pengaruh India di tanah Jawa khususnya, mulai memudar.
Baca: Rumah Adat Jawa Tengah
Macam-Macam Tembang Macapat
Macapat sendiri dalam Bahasa Jawa diartikan sebagai maca papat-papat atau membaca empat-empat. Maksudnya adalah tembang ini dibaca pada setiap empat suku kata. Namun, itu bukanlah satu-satunya arti karena pada kenyataannya tidak semua tembang tersebut bisa dinyanyikan dalam empat suku kata.
Tembang macapat terdiri dari bermacam-macam jenis. Masing-masing jenis memiliki aturan guru lagu, guru wilangan, dan guru gatra yang berbeda. Setidaknya ada 11 jenis tembang Jawa yang masuk ke dalam kategori macapat.
Menurut cerita orang tua jaman dahulu kesebelas jenis tembang ini mengisahkan gambaran tentang tahapan-tahapan kehidupan manusia dari mulai saat masih di kandungan hingga meninggal dunia.
Contoh Tembang Macapat
Berikut ini adalah jenis-jenis tembang macapat beserta dengan contohnya.
1. Tembang Pocung (Pucung)
Picung atau pucung berasal dari kata pocong yaitu kondisi orang yang sudah meninggal dunia kemudian dikafani sebelum dikuburkan sesuai dengan aturan Islam. Tembang pocung menggambarkan kondisi bahwa semua makhluk yang bernyawa pasti akan menemui ajal atau merasakan kematian.
Meskipun terkesan seram karena menceritakan tentang kematian, namun tembang pocung hadir dengan watak yang jenaka karena berisi tebakan dan hal-hal lucu lainnya. Tembang ini juga berisis lelucon dan berbagai nasihat. Tembang pocung memiliki aturan penulisan dalam baitnya, yakni 12u – 6a – 8i -12a.
Ini adalah contoh tembang pocung dalam satu pada atau bait:
Bapak pucung, dudu watu dudu gunung,
Sangkane in sabrang,
Ngon angone sang bupati,
Yen lumampah si pocung lambeyan gena.
2. Tembang Maskumambang
Maskumambang berasal dari kata mas dan kumambang. Mas berarti sesuatu yang berharga atau di tembang ini diartikan sebagai seorang anak, sedangkan kumambang artinya mengambang. Tembang maskumambang menceritakan awal kehidupan seorang manusia, yakni embrio di dalam kandungan.
Pada fase ini pun belum diketahui jenis kelamin si embrio hingga ia tumbuh dan berkembang di dalam rahim selama kurang lebih 9 bulan. Tembang macapat yang satu ini memiliki sifat belas kasihan, kesedihan, dan kesusahan. Tembang ini biasanya berisi tentang cerita dengan suasana duka.
Penulisan tembang maskumambang memiliki aturan 12i- 6a – 8i- 8o. Berikut ini merupakan contoh tembang maskumambang dalam satu pada atau bait.
Aja sira niru tindak kang tan becik,
Sanadyan wong liya,
Lamun pamuruke becik,
Miwa ing tindak prayoga.
3. Tembang Megatruh
Megatruh diambil dari kata megat dan roh yang berarti terlepasnya roh dari tubuh manusia. Tembang megatruh ini menggambarkan sakaratul maut atau selesainya perjalanan hidup manusia di dunia. Watak dari tembang yang satu ini adalah kedukaan, kesedihan, dan penyesalan.
Maka, tembang megatruh tak hanya digunakan untuk menceritakan syair duka tetapi juga tentang kehilangan harapan dan perasaan putus asa. Aturan penulisan untuk tembang megatruh adalah 12u – 8i – 8u – 8i – 8o. Di bawah ini adalah contoh tembang megatruh:
Lakonanan klawan sabaraning kalbu,
Lamun obah niniwasi,
Kasusupan setan gundhul,
Ambebidung nggawa kendhi,
Isine rupiah kethon.
4. Tembang Gambuh
Gambuh berasal dari kata jumbuh yang memiliki arti kecocokan antara pria dan wanita yang didasari dengan rasa cinta. Tembang gambuh menggambarkan tentang fase hidup dimana seseorang yang telah bertemu dengan pasangannya karena kecocokan dan membina rumah tangga.
Tembang gambuh memiliki watak yang menunjukkan tentang keramahan dan persahabatan dalam isi syairnya. Maka tak heran jika tembang macapat yang satu ini sering digunakan untuk menyampaikan kisah-kisah tentang kehidupan. Aturan tembang gambuh terdiri dari 7u – 10u – 12i – 8u – 8o.
Contoh tembang gambuh dalam satu bait adalah seperti di bawah ini. Ini merupakan tembang gambuh yang paling populer dan kerap dinyanyikan dalam berbagai acara.
Sekar gambuh ping catur,
Kang cinatur polah kang kalantur,
Tanpa tutur katula-tula katali,
Kadalu warsa kapatu,
Katutuh pan dadi awon.
Baca: Pakaian Adat Jawa Tengah
5. Tembang Mijil
Mijil memiliki arti keluar sehingga bisa diartikan sebagai fase kehidupan dimana biji atau benih baru lahir. Tebang mijil menggambarkan tentang kelahiran anak manusia di dunia sehingga dia masih dalam keadaan yang suci dan lemah serta membutuhkan perlindungan.
Tembang mijil menampilkan watak perhatian, cinta, kasih sayang, dan pengharapan. Tembang jenis ini biasanya digunakan untuk memberikan nasihat, cerita cinta, pengharapan, serta ketabahan dalam menjalani kehidupan di dunia. Aturan tembang mijil terdiri dari 10i – 6o – 10e – 6i – 6o.
Contoh penulisan tembang mijil dalam satu bait syair adalah seperti di bawah ini.
Madya ratri kentarnya mangikis,
Sira sang lir sinom,
Saking taman miyos butulane,
Datan wonten centhine udani,
Lampahe lestari,
Wus ngambah marga gung.
6. Tembang Kinanthi
Nama kinanthi diambil dari kata kanthi yang memiliki arti menuntun atau menggandeng. Tembang kinanthi menggambarkan fase kehidupan anak muda yang masih perlu tuntunan agar bisa menjalani hidup dengan baik di dunia. Di fase ini, seseorang biasanya tengah mencari jati dirinya.
Masih banyak pertanyaan mengenai dirinya yang ingin diketahui sehingga mereka mencari sosok yang bisa dijadikan sebagai panutan atau teladan di dalam kehidupan. Watak dari tembang macapat yang satu ini adalah kesenangan, kasih sayang, cinta, dan keteladanan.
Aturan dalam penulisan tembang kinanthi adalah 8u – 8i – 8a – 8i – 8a – 8i. Itu berarti baris pertama hingga terakhir memiliki jumlah suku kata yang sama, yakni 8. Salah satu contoh dari bagaimana syair yang dibuat menjadi tembang kinanthi adala seperti berikut ini.
Anoman malumpat sampun,
Prapteng witing nagasari,
Mulat mangandhap katingal,
Wanodyayu kuru aking,
Gelung rusak wor lankisma,
Kangiga-iga kaeksi.
7. Tembang Asmaradana
Nama tembang asmaradhana diambil dari kata asmara yang memiliki arti cinta kasih. Tembang ini umumnya menceritakan tentang kisah asmara yang dialami oleh manusia. Meskipun lebih banyak mengisahkan percintaan manusia, tembang asmaradhana tak hanya sebatas itu.
Tembang ini juga digunakan untuk mengungkapkan cinta kepada Sang Pencipta, Rasulullah SAW, dan kecintaan terhadap alam semesta. Watak di dalam tembang ini cukup kompleks karena ada asmara, cinta kasih, rasa sedih, bahkan rasa pilu.
Tembang ini bisa menjadi ungkapan pengharapan akan kebahagiaan maupun kesedihan akibat patah hati karena cinta. Tembang asmaradhana memiliki aturan penulisan suku kata 8i – 8a – 8e – 7a – 8a – 8u – 8a. Contoh dari tembang asmaradhana adalah seperti yang ada di bawah ini.
Sang dyah sukune mung siji,
Atenggak datnapa sirah,
Ciri bengkah pranajane,
Tinalenan jangganira,
Sinendhal ngasta kiwa,
Ngaru ara denya muwus,
Sarwi kekejek kektrang.
8. Tembang Durma
Tembang durma diambil dari kata derma yang artinya suka memberi atau berbagi rezeki kepada orang lain dalam Bahasa Jawa. Namun ada juga yang mengartikan durma sebagai mundurnya tata karma atau etika. Tembang ini menceritakan tentang manusia yang telah mendapatkan berbagai kenikmatan.
Dalam kondisi tersebut, sudah seharusnya merasa cukup dan memperbanyak rasa syukur dengan memberi kepada orang orang lain yang lebih membutuhkan, terutama saudara dan tetangganya. Tembang durma memiliki perwatakan yang keras, tegas, bergejolak, dan penuh amarah.
Tembang Jawa yang satu ini juga biasa dipakai untuk menggambarkan tentang pemberontakan dan semangat peperangan. Tembang yang memiliki aturan suku kata 12a – 7i – 6a – 7a – 8i – 5a – 7i tersebut ada banyak contohnya, salah satunya berikut ini.
Damarwulan tuhu prajurit utama,
Tan apasah dening geni,
Lah ta damarwulan,
Tadhahana keris mami,
Iya tibakna,
Sayekti sun tadhahi.
Baca: Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
9. Tembang Pangkur
Tembang macapat yang satu ini diberi nama dari kata mungkur yang artinya meninggalkan atau pergi. Tembang pangkur bisa dimaknai sebagai bagaimana seseorang mencoba mengurangi hal-hal yang mengedepankan hawa nafsu atau mulai mundur dari berbagai urusan yang sifatnya duniawi.
Banyak yang berpendapat jika tembang pangkur juga menceritakan tentang seseorang yang telah berada di usia senja dan memilih menggunakan waktunya untuk introspeksi diri. Dia memikirkan tentang masa lalu dan hubungannya dengan tuhan.
Tembang pangkur menonjolkan watak yang kuat, gagah perkasa, dan berhati besar. Aturan suku kata dalam pembuatan tembang ini terdiri dari 8a – 11i – 8u – 7a – 8i – 5a – 7i. Untuk contoh penulisan tembang pangkur dalam satu bait adalah seperti berikut ini.
Kadiparan karsanira,
Andikane panembahan ing giri,
Mung yayi kalawan ingsun,
Kang tumaraping nawala,
Kinen mili wadhah lawan isinipun,
Pundhi ta ingkang kinarsan,
Yayi miliha kariyin.
10. Tembang Sinom
Sinom sendiri bisa diartikan sebagai pucuk yang baru bersemi atau tumbuh sehingga identik dengan fase kehidupan dimana seseorang pemuda atau remaja yang sedang tumbuh dan menuju dewasa. Tembang sinom juga dikaitkan dengan upacara yang dilakukan untuk anak-anak muda zaman dahulu.
Seperti arti tembang tersebut yang mengisahkan tentang masa muda, watak yang ditampilkan dalam tembang ini adalah bersemangat dan bijaksana. Maka, tembang sinom memang sering dipakai sebagai piwulang atau wewarah, yakni untuk membimbing atau mengajari orang lain.
Aturan dalam membuat tembang sinom adalah setiap baitnya harus terdiri dari suku kata 8a – 8i – 8a – 7i – 8u – 7a – 8i – 12a. Salah satu contoh tembang sinom yang bisa dibuat dalam satu baris adalah seperti yang ada di bawah ini.
Katetangi tangis sira,
Sira sang paramengkawi,
Kawileting tyas duhkita,
Kataman ing reh wirangi,
Dening upaya sandi,
Sumaruna anerawung,
Mangimur manuhara,
Met pamrih melik pakoleh,
Temah suka ing karsa tanpa wiweka.
11. Tembang Dhandhanggula
Tembang macapat berikutnya adalah dhandanggula, yang berasal dari kata gegadhangan yang memiliki arti harapan, atau cita-cita dan gula yang berarti manis atau indah. Tembang dhandhanggula ini mengisahkan pasangan yang berbahagia dalam rumah tangganya setelah melewati banyak cobaan.
Secara umum cerita dalam tembang ini menggambarkan indah dan menyenangkannya kehidupan berumah tangga yang merupakan harapan atau cita-cita setiap orang. Watak tembang ini adalah indah, gembira, dan luwes sehingga sering dipakai untuk mengajak orang pada kebaikan.
Aturan dalam membuat tembang dhandhanggula meliputi 10i – 10a – 8e – 7u – 9i – 7a – 6u – 8a – 12i -7a. Contoh tembang ini seperti berikut.
Yogyanira kang para prajurit,
Lamun bisa samiyo anuladha,
Dyk ing nguni caritane,
Andelira sang prabu,
Sasrabu ing maespati,
Aran patih suwanda,
Lelabuhanipun,
Kang ginelung tri prakara,
Guna kaya purun ingkang den antepi,
Nuhoni trah utama.
Kesimpulan
Tembang macapat selain memiliki struktur khusus juga terdiri dari 11 jenis masing-masing menyuguhkan makna spesial yang mengingatkan tentang alur hidup manusia di dunia. Maka, tembang ini perlu dilestarikan agar generasi muda tetap mengetahui makna-makna indah yang ada di dalamnya.